Pengaruh Penyesuaian Diri Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di Kelas VIII SMP Negeri 4 Painan

Main Author: Bella Maidil, Adha
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5680/2/14060004%20BELLA%20MAIDIL%20ADHA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5680/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5680/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5680/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5680/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang belum mandiri dalam belajar, seperti acuh tak acuh ketika guru dalam menerangkan pelajaran, adanya peserta didik kurang mampu bersosialisasi dengan teman lainnya di kelas sehingga berdampak bagi kemandirian belajar yang dimiliki peserta didik, tidak berani tampil di depan umum, adanya peserta didik yang sulit dalam mengambil keputusan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) Penyesuaian diri. 2) Kemandirian belajar. 3) Pengaruh penyesuaian diri terhadap kemandirian belajar peserta didik. 4) Implikasinya dalam layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif regresi. Populasi penelitian adalah 114 peserta didik yang dipilih dengan teknik Proposional Random sampling sehingga sampel menjadi 89 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik interval. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh penyesuaian diri terhadap kemandirian belajar peserta didik dan implikasi dalam layanan bimbingan dan konseling di SMPN 4 Painan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Penyesuaian diri peserta didik di SMPN 4 Painan berada pada kategori cukup baik. 2) Kemandirian belajar peserta didik SMPN 4 Painan pada kategori cukup baik. 3) Adanya pengaruh yang signifikan koefisien regresi X terhadap Y dinyatakan R squert 0,213 dengan kata lain hipotesis yang diterima berbunyi terdapat pengaruh penyesuaian diri terhadap kemandirian belajar sebesar 21,3. 4) Implikasinya dalam layanan Bimbingan dan konseling yaitu memberikan layanan kolaborasi, layanan konsultasi, dan perencanaan individual untuk mencengah perilaku dalam kemandirian belajar. Penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik, agar peserta didik lebih meningkatkan penyesuaian dirinya sehingga kemandirian belajarnya juga lebih meningkat.