Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Aktif Tipe Learning Star With A Question Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMA Al- Barat

Main Author: Maiyenti, Rovita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5677/1/MAIYENTI%20ROVITA%2014070035%20SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5677/3/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5677/4/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5677/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5677/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi dalam proses pembelajaran siswa sering tidak memperhatikan guru pada saat guru menjelaskan materi pembelajaran, mengobrol dengan temannya pada saat proses belajar mengajar berlangsung, sering ribut dan tidak aktif dalam belajar, tidak mau bertanya maupun menjawab pertanyaan dari guru dan ketika mengerjakan LKS banyak meniru punya temannya. Hal ini membuat hasil belajar siswa rendah sehingga banyak yang tidak mencapai KKM yang ditetapkan. Atas dasar masalah tersebut penelitian ini difokuskan pada upaya meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran aktif tipe Learning Star With A Question Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS Di SMA Al- Istiqamah Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Aktif Tipe Learning Star With A Question pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMA Al-Istiqamah Kabupaten Pasaman Barat Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar behaviorisme, yaitu pendekatan untuk memahami perilaku individu (apapun yang dilakukan, verbal dan non verbal yang dapat diobservasi secara langsung). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPS.3 dengan jumlah siswa 37 orang pada tahun 2017/2018. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan model pembelajaran Active Tipe Learning Start With A Question (LSQ) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Al-Istiqamah Kabupaten Pasaman Barat dengan hasil persentase ketuntasan siswa 78,38%. Model pembelajaran Active Tipe Learning Start With A Question (LSQ) sangat membantu siswa untuk memahami materi pembelajaran karena mengkonkritkan materi yang bersifat abstrak. Pada siklus I, rata-rata hasil belajar siswa kurang memuaskan yaitu 67,03, sedangkan pada siklus II rata-ratanya sudah meningkat menjadi 84,86 Kata Kunci: Peningkatan, Hasil Belajar, Model pembelajaran Aktif Tipe Learning Star With A Question