Profil Tingkah Laku Salah Suai Peserta Didik dalam Belajar Berbasis Pendekatan Konseling Realitas (Studi pada Kelas IX SMP Negeri 4 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman)

Main Author: Dina Ketrin, Surya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5672/3/13060047%20DINA%20KETRIN%20SURYA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5672/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5672/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5672/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5672/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang suka menyendiri atau merasa asing dalam kelas, tidak percaya diri, kurang bisa menyesuaikan diri, tidak membuat tugas-tugas sekolah yang diberikan oleh guru, menyontek, sering cabut pada saat jam pelajaran, duduk di kantin saat jam pelajaran, datang terlambat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil tingkah laku salah suai peserta didik dalam belajar berbasis pendekatan konseling realitas dari aspek: 1) Keterasingan, 2) Tidak Bertanggung Jawab, 3) Kurang Percaya Diri. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah 108 orang peserta didik, teknik pengambilan sampel yang dipilih dengan Purposive simple random sampling sebanyak 72 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan angket. Analisis data menggunakan persentase dari data interval. Berdasarkan hasil penelitian tentang profil tingkah laku salah suai peserta didik dalam belajar berbasis pendekatan konseling realitas. 1) Profil tingkah laku salah suai peserta didik dalam belajar berbasis pendekatan konseling realitas dalam aspek keterasingan pada kriteria cukup banyak. 2) Profil tingkah laku salah suai peserta didik dalam belajar berbasis pendekatan konseling realitas dalam aspek tidak bertanggung jawab pada kriteria sedikit. 3) Profil tingkah laku salah suai peserta didik dalam belajar berbasis pendekatan konseling realitas dalam aspek kurang percaya diri pada kriteria sedikit. Penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK untuk terus meningkatkan pelayanan konseling untuk mengatasi perilaku salah suai seperti keterasingan, tidak bertanggung jawab dan kurang percaya diri dapat dilakukan dengan layanan konseling kelompok, bimbingan kelompok, penguasaan konten dan kolaboratif.