Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Guided Note Taking (GNT) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Hiliran Gumanti Kabupaten Solok
Main Author: | Siska, Noriza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/567/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/567/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/567/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/567/4/13050006%20SISKA%20NORIZA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/567/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah dan catatan siswa kurang rapi dan lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Guided Note Taking lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 1 Hiliran Gumanti. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 1 Hiliran Gumanti. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah secara acak, kelas eksperimen adalah kelas VIII.2 dan kelas Kontrol adalah kelas VIII.4. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dengan indikator pemahaman konsep. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk esai. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 1,794 dan ttabel = 1,681 dengan α = 0,05 karena thitung > ttabel, maka H0 ditolak, dengan demikian hipotesis dapat diterima. Sehingga dapat disimpulkan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Guided Note Taking lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional kelas VIII di SMPN 1 Hiliran Gumanti.