Profil Pemberian Reinforcement Oleh Guru BK Terhadap Peserta Didik dalam Layanan Informasi (Studi di Kelas XI SMA Negeri 2 Gunung Talang Kabupaten Solok)
Main Author: | Anggi, Putra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5669/4/12060026%20ANGGI%20PUTRA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5669/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5669/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5669/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5669/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penggunaan reinforcement oleh guru BK yang kurang efektif pada peserta didik. Adapun tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah: 1) Profil pemberian reinforcement (penguatan) positif yang diberikan oleh guru BK, 2) Profil pemberian reinforcement (penguatan) negatif yang diberikan oleh guru BK. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI sebanyak 148 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 108 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik propotional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Pengolahan data dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Profil pemberian reinforcement (penguatan) positif yang diberikan oleh guru BK secara umum berada pada kategori cukup baik, 2) Profil pemberian reinforcement (penguatan) negatif yang diberikan oleh guru BK secara umum berada pada kategori baik. Hasil dari penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK agar dapat mengembangkan dan meningkatkan penggunaan reinforcement positive dan reinforcement negative kepada peserta didik saat memberikan layanan informasi supaya lebih efektif.