Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa dalam pembelajaran sosiologi dengan kasus yang dialami oleh siswa seperti bolos /cabut, tidak memperhatikan, tidak mencatat, berbicara dalam kelas dan keluar masuk kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode hypnoteaching terhadap minat belajar siswa kelas X.2 di SMAN 1 IV Nagari Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori humanistik yang dikemukakan oleh Carl Ransom Rogers yang lebih mengutamakan proses ketimbang hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X.2 SMAN 1 IV Nagari Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 24 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling atau sampling jenuh dengan jumlah sampel 24 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Jenis data adalah data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa dalam pembelajaran sosiologi dengan penerapan metode hypnoteaching dapat dilihat berdasarkan hasil uji t yang diperoleh nilai thitung 10,4235 >ttabel-1,771 dengan taraf signifikan 0,05 yang berarti bahwa thitung lebih besar dari -ttabel, sehingga hipotesis yang diterima adalah Ha. Berarti terdapat pengaruh secara signifikan dalam penerapan metode hypnoteaching terhadap minat belajar siswa kelas X.2 di SMAN 1 IV Nagari Bayang Utara. Hal ini disebabkan karena guru menerapkan metode hypnoteaching dengan cara menyampaikan materi pembelajaran melalui komunikasi dan interaksi yang baik dalam kelas serta menggunakan bahasa yang mudah di pahami siswa, dan menjadi pendengar yang baik untuk siswa dalam menyampaikan suatu pertanyaan atau pendapat. Sehingga membuat siswa merasa lebih percaya diri dan aktif dalam belajar serta tertarik, bersemangat dan tidak merasa tertekan dalam mengikuti proses pembelajaran. Kata Kunci : pengaruh, metode hypnoteaching, minat belajar