Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Critical Insident Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Novita, Ulandari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/566/1/13080242%20NOVITA%20ULANDARI%20%20%20ok%20plip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/566/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/566/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/566/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/566/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh empat permasalahan. Pertama, minat menulis siswa tergolong rendah.. Kedua, siswa kurang mampu dalam menemukan dan mengembangkan ide. Ketiga, siswa kurang terampil dalam memilih diksi Keempat, strategi yang digunakan guru kurang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan. Pertama, keterampilan menulis cerpen tanpa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe critical insident siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Kedua keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe critical insident siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir. Ketiga, pengaruh penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe critical insident terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen pre-Experimental Designs (nondesigns) dengan jenis menggunakan rancangan The Randomized Posttest Only Control Group. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling atau sampel acak sederhana. Berdasarkan analisis data dapat diketahui. Pertama, keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancung Soal Kabupatn Pesisir Selatan tanpa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe critical insident memperoleh nilai rata-rata sebesar 58,43 berada pada rentangan 56-65% berkualifikasi cukup (C). Kedua, keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancung Soal Kabupatn Pesisir Selatan dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe critical insident memperoleh nilai rata-rata sebesar 69,65 berada pada rentangan 66-75% berkualifikasi lebih dari cukup (LDC). Ketiga, terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe critical insident terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancung Soal Kabupatn Pesisir Selatan karena > yaitu 9,75 > 1,67. Jadi dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif tipe critical insident berpengaruh terhadap keterampilan cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan.