Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan kecerdasan emosi yang berhubungan terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran sosiologi yang dilihat dari rendahnya Nilai MID Semester Ganjil kelas XI IPS SMANegeri 2 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana hubungan antara kecerdasan emosi dengan hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kecerdasan emosi Goleman, sedangkan untuk teori hasil belajar kognitif menggunakan teori Brunner.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Ex post facto dengan tipe Korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMANegeri 2 Koto Baru yang berjumlah 72 siswa, terdiri dari 12 orang sampel uji coba dan 60 orang untuk sampel penelitian. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling, sedangkan untuk pengambilan sampel uji coba menggunakan Purposive Sampling.Jenis data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Instrumen yang digunakan untuk variabel kecerdasan emosi berupa angket. Analisis data pada penelitian ini yaitu berupa uji normalitas, data pada penelitian ini berdistribusi normal karena taraf signifikan lebih besar dari 0,05 dimana hasil data kecerdasan emosi sebesar (0,676 > 0,05) sedangkan hasil data nilai MID siswa sebesar (0,824 > 0,05). Uji homogenitas data menujukkan adanya nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka data berdistribusi tidak homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan kecerdasan emosi dengan hasil belajar kognitif dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis uji korelasi statistik non parametrik dengan metode korelasi spearman sebesar rs 0,-125 < rtabel 0,576 dengan nilai signifikan sebesar 0,170 > 0,05 yang berarti tidak terdapat korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan hasil belajar kognitif, sehingga hipotesis yang diterima adalah Ho. Kata Kunci : Kecerdasan Emosi, Hasil Belajar, Kognitif