Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS Di SMAN 1 Sungai Beremas

Main Author: Yelda, Novera
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5635/2/14070169%20YELDA%20NOVERA%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5635/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5635/3/BAB%205.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5635/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5635/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS di SMAN 1 Sungai Beremas.Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran Advance Organizerterhadaphasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS di SMAN 1 Sungai Beremas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kognitif menurut Jean Pieget. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif tipe eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMAN1 Sungai Beremas yang berjumlah 63 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total samplingdenganjumlah sampel 43 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes soal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara keseluruhan dengan menerapkan model Advance Organizer diperoleh hasil perhitungan normalitas menggunakan SPSS 20 yaitu nilai Sig untuk kelas kontrol= 0,935 dan nilai sig kelas eksperimen = 0,051. Adapun persyaratan data normal adalah nilai Sig.>nilai α = 0,05. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa data hasil belajar pada kelas kontrol dan kelas eksperimen berdistribusi normal. Dilihat dari hasil uji t menunjukkan nilai thitung= 4,489 ≥ ttabel 2,048 dengan demikian adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Advance Orgnizer terhadap hasil belajar siswa karena pada model pembelajaran Advance organizer dapat meningkatkan ide, keterampilan, nilai, dan cara berpikir sehingga hasil belajar meningkat. Kata kunci:model pembelajaran, modeladvance organizer, hasil belajar