Pengaruh Efikasi Diri dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menyontek Siswa Pada Penilaian Mata Pelajaran Geografi Kelas X IPS SMA N 1 Hiliran Gumanti

Main Author: Rina, Azila
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5631/2/14030132-RINA%20AZILA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5631/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5631/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5631/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5631/
Daftar Isi:
  • Penelitian dilatar belakangi oleh masih ada siswa lebih dominan pada perilaku menyontek dikarenakan siswa kurang yakin pada diri masing-masing untuk membuat tugas sendiri tanpa menyontek,serta terpengaruh pada teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Efikasi Diri dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menyontek Siswa Pada Penilaian Mata Pelajaran Geografi Kelas X IPS SMA N 1 Hiliran Gumanti. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA N 1 Hiliran Gumanti yang berjumlah 42 siswa, sampel penelitian diambil dengan teknik proportional random samplingn sehingga sampel berjumlah 38 orang siswa. Data dikumpulkan melalui angket. Analisa data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan efikasi diri terhadap perilaku menyontek siswa kelas X IPS di SMAN 1 Hiliran Gumanti sebesar 17,8% dengan persamaan regresi = 32,902 + 0,450X1 dan thitung> ttabel (2,792> 1,6860), .kontribusi sangat kecil dan pengaruh efikasi diri terhadap perilaku menyontek termasuk kategori rendah, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan konformitas teman sebaya terhadap perilaku menyontek siswa kelas X IPS di SMAN 1 Hiliran Gumanti sebesar 19,0% dengan persamaan regresi = 40,198+ 0,233X2 dan thitung> ttabel (2,902 > 1,6860) dengan kontribusi sangat kecil dan pengaruh konformitas teman sebaya terhadap perilaku menyontek termasuk kategori rendah dan (3) Terdapat pengaruh yang signifikan efikasi diri dan konformitas teman sebaya secara bersama-sama terhadap perilaku menyontek siswa kelas X IPS di SMAN 1 Hiliran Gumanti sebesar 27,7% dengan persamaan regresi = 27,681 + 0,334X1 + 0,179X2. dan Fhitung > Ftabel (6,718 > 3,32), kontribusi kecil, pengaruh efikasi diri dan konformitas teman sebaya terhadap perilaku menyontek termasuk kategori sedang.