Tingkat Semangat Guru dalam Proses Mengajar Bahasa Inggris di SMA N 1 Basa Ampek Balai Tapan
Main Author: | Hayatur, Ridha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/556/1/13040162%20HAYATUR%20RIDHA%20%20%20ok%20plip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/556/2/Abstract.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/556/3/Conclusion.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/556/4/References.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/556/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya minat siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Sementara itu, semangat guru berpengaruh terhadap minat siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan melihat tingkat semangat guru yang mengajar bahasa Inggris di kelas XI di SMA N 1 Basa Ampek Balai Tapan pada tahun akademik 2017/2018. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggambarkan bagaimana tingkat semangat guru selama proses mengajar bahasa Inggris pada kelas XI di tahun akademik 2017/2018. Instrumen pada penelitian ini adalah pengamatan langsung dengan dokumentasi pengamatan menggunakan checklist dan field note kemudian juga dengan menggunakan rekaman video. Pengamatan dilakukan pada 3 orang guru yang mengajar bahasa Inggris di kelas XI pada tahun akademik 2017/2018 sebagai partisipan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1 dari 3 orang guru tersebut tergolong pada tingkat tidak antusias (Little Enthusiastic level) dan 2 dari 3 orang guru tersebut tergolong pada tingkat cukup antusias (Somewhat Enthusiastic level). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru perlu meningkatkan semangat diri ketika mengajar untuk memacu semangat siswa agar lebih giat lagi dalam belajar, terutama dalam proses pembelajaran bahasa Inggris.