Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap siswa di kelas diskusi dalam pengajaran bahasa Inggris. Penulis tertarik untuk meneliti hal ini karena peneliti melihat bahwa kelas diskusi menampilkan sikap-sikap siswa yang berbeda-beda, jadi peneliti ingin melihat sikap-sikap siswa yang lainnya dalam kelas diskusi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana populasi nya siswa kelas VIII di SMP N 2 2x11 Enam Lingkung. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan cluster sampling randomly. Di SMP N 2 2x11 Enam Lingkung terdapat 3 lokal kelas VIII. Jadi peneliti memilih salah satu kelas VIII yaitu kelas VIII3. Pada penelitian ini, penulis menggunakan dua instrumen untuk mengambil data, yang pertama menggunakan observation checklist yang didalam nya terdapat beberapa indikator dari sikap dan beberapa pernyataan. Berdasarkan observation checklist siswa kelas VIII3 memiliki semua indikator-indikator dari sikap. Instrumen yang kedua adalah angket, didalam angket terdapat indikator dari sikap dan beberapa sub indikator, didalam angket terdapat 30 butir pernyataan. Berdasarkan analisis terhadap angket, dapat disimpulkan bahwa setiap komponen memiliki total yang bervariasi. Total persen dari komponen affective adalah 36,35% yang termasuk kategori rendah, komponen cognitive adalah 52% yang termasuk kategori menengah, dan yang terakhir komponen behavior adalah 15,62% yang termasuk kategori sangat rendah. Total persen yang tertinggi dari tiga komponen tersebut adalah komponen cognitive. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa sikap siswa kelas VIII3 di kelas diskusi dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMP N 2x11 Enam Lingkung hanya satu komponen yang termasuk kategori menengah.