Pengaruh Model Snowball Throwing Terhadap Pemahaman Siswa Kelas VIII Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Di SMP N 4 Painan Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Sri, Gusmanila
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5545/1/14030086%20SRI%20GUSMANILA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5545/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5545/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5545/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5545/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa hanya menerima pelajaran dari guru, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Snowball Throwing terhadap pemahaman siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPS terpadu di SMP N 4 Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan rancangan penelitian randomized control-group posttest only design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Painan Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, sehingga terpilih kelas VIII5 (kelas eksperimen) dan kelas VIII3 (kelas kontrol). Instrument yang digunakan adalah tes akhir. Bentuk tes yang digunakan adalah tes objektif dan analisis data dilakukan dengan uji mann whitney (U) . Berdasarkan hasil tes akhir didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 80,00 kelas kontrol 71.09. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan mann whitney (U), diketahui sebesar 160,5 dengan Asymp, sig 0.022<0.05, maka H_0 ditolak, H_a diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan pengaruh model Snowball Throwing terhadap pemahaman siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPS terpadu di SMP N 4 Painan Kabupaten Pesisir Selatan.