Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Solok Selatan

Main Author: Ranti, Olivia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5541/2/14070087-RANTI%20OLIVIA%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5541/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5541/3/BAB%20VI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5541/4/DAFTAR%20%20PUSTAKA%202.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5541/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran sosiologi Kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Solok Selatan misalnya kurangnya partisipasi siswa dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah Penerapan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe dapat meningkatkan minat belajar Siswa pada mata pelajaran sosiologi di Kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Solok Selatan dan bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Solok Selatan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Behaviorisme menurut Thordike mengemukakan bahwa belajar menurut teori ini perilaku manusia yang dapat diamati secara langsung adalah akibat konsekuensi dari perbuatan sebelumnya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan tipe statistik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS yang berjumlah 118 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, jumlah sampel yaitu 19 siswa. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket. Pengujian data minat belajar siswa dalam pembelajaran sosiologi dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Sparkol VideoScribe didapatkan skor tertinggi 77 dan skor rendah 59 dengan rentang skor 18. Rata-rata skor mean 68,21 dengan nilai tengah median 71, sedangkan skor yang paling sering muncul mode adalah 72. Berdasarkan hasil pengolahan nilai varian sampel adalah 26,84 dengan standar deviasi 5,18. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa setelah menerapkan media pembelajaran berbasis Sparkol VideoScribe dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran sosiologi. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Sparkol VideoScribe, Minat Belajar