Hubungan Penerapan Model Time Token Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS SMAN 1 IV Nagari Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Niki, Julia Mansa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5478/1/NIKI%20JULIA%20MANSA%20SKRIPSI%20-%2014070013.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5478/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5478/3/BAB%20VI%20PENUTUP.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5478/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5478/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sosiologi kelas XI IPS SMAN 1 IV Nagari Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan. Model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar kurang bervariasi sehinga dapat membuat siswa kurang termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan penerapan model pembelajaran Time Token terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS Di SMAN 1 IV Nagari Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu konstruktivisme menurut Jean Piaget. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe statistik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 44 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, jumlah sampel uji coba sebanyak 22 siswa di kelas XI IPS 1 dan sampel penelitian sebanyak 22 siswa di kelas XI IPS 2. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket dengan menggunakan skala Likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode statistik dan dianalisis dengan menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kelas interval skor tertinggi ada 7 responden atau 31,82%, skor sedang 8 responden atau 36,36% dan skor terendah ada 7 responden atau 31,82%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan penerapan model pembelajaran Time Token terhadap motivasi belajar siswa dalam pada mata pelajaran Sosiologi di kelas XI IPS di SMAN 1 IV Nagari Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan. Kriteria motivasi belajar siswa berada pada kriteria sedang yang secara persentase berada di bawah 50% dan model Time Token dapat juga menumbuhkan motivasi siswa dalam proses belajar mengajar karena model Time Token dapat memberikan kesempatan berbicara atau mengemukakan pendapat pada setiap siswa untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru sehingga model Time Token dapat membuat siswa tertarik dan berani untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan semangat. Kata Kunci: Model Pembelajaran Time Token, Motivasi Belajar, Pembelajaran