Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena tingginya hasil belajar siswa yang orang tuanya berprofesi sebagai guru dibandingkan dengan siswa yang orang tuanya berprofesi selain guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara profesi orang tua sebagai guru dengan hasil belajar siswa di SMP N 1 Sungai Aur Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Teori yang digunakan adalah teori kognitif yang dikemukakan oleh Jean Piaget. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP N 1 Sungai Aur yang orang tuanya berprofesi sebagai guru dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa kuesioner tertutup. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis uji korelasi pearson product moment. Hasil analisa data menunjukkan nilai rhitung (0,835) > rtabel (0,5494), sehingga Ho ditolak Ha diterima. Korelasi profesi orang tua sebagai guru memiliki korelasi yang sangat kuat dengan hasil belajar siswa tersebut dengan koefisien korelasi sebesar 0.835. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa profesi orang tua sebagai guru berkorelasi signifikan dengan hasil belajar siswa kelas VIII dan IX. Hasil ini juga menunjukkan bahwa semakin baik pengetahuan orang tua tentang mendidik anak maka semakin baik kualitas pembelajaran yang diperoleh oleh anak, sehingga akan berdampak terhadap tingkat hasil belajar anak. Kata Kunci: Profesi , Guru , Hasil Belajar