Persistensi Pedagang Kios Terhadap Keberadaan Minang Mart di Lubuk Begalung
Main Author: | Agdeni, Musfika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5465/1/13070130-AGDENI%20MUSFIKA-SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5465/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5465/3/KESIMPULAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5465/4/Daftar%20pustaka...pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5465/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berawal dari Inovasi-inovasi toko retail saat ini sudah banyak berkembang. Peritel berlomba-lomba menciptakan memberikan kemudahan kepada konsumen dalam memenuhi kebutuhan mereka. Sehingga membuat pemasaran menjadi semakin bervariasi. Kehadiran toko retail modern jenis Minang Mart di Kota Padang sudah menjamur di berbagai lokasi bahkan merambah hingga ke pemukiman padat penduduk. Pertumbuhan Minang Mart di Kota Padang cukup pesat dan dikhawatirkan semakin lama akan semakin memberikan dampak buruk bagi pedagang kios pada umumnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan persistensi pedagang kios terhadap keberadaan Minang Mart di Kelurahan Gurun Laweh Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori dari Max Weber yaitu teori tindakan sosial. Penelitian ini melakukan pendekatan kualitatif, dengan tipe penelitian deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan (1) observasi non partisipan (2) wawancara (3) studi dokumentasi. Informan dalam penelitian berjumlah 13 orang. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling, unit analisis berupa individu yaitu pedagang yang berjualan di kios. Analisi data yang digunakan yaitu analisis data interaktif Miles dan Huberman, (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) penyajian data (4) penarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa tindakan persistensi pedagang kios terhadap keberadaan Minang Mart yaitu: (1) Memvariasikan barang dagangan, (2) Konsumen diperbolehkan Berhutang, (3) Memasang poster niaga, (4) Menjaga kualitas barang dagangan. Kata kunci: Persistensi, Pedagang kios, Minang Mart