Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya siswa yang melakukan pindah jurusan dari IPS ke IPA di SMAN 1 Lembah Melintang pada tahun ajaran 2016/2017,Penentuan jurusan terjadi di kelas X, siswa ditentukan jurusan berdasarkan nilai raport dan nilai ujian nasional yang di peroleh. Oleh karena itu, siswa merasa bahwa minat, bakat yang dimilikinya tidak sesuai dengan jurusan yang ditempatinya sehingga harus pindah jurusan agar tidak gagal dalam studinya. Adapun tujuan penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan tentang faktor siswa pindah jurusan dari IPS ke IPA di SMAN 1 Lembah Melintang Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Teori yang digunakan adalah teori strukturasi yang dikembangkan oleh Anthoni Giddens. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengambilan informan digunakan dengan cara purposive sampling. Adapun jumlah informan dalam penelitian ini adalah 10 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Dengan teknik mengumpulkan data wawancara mendalam dan studi dokumen. Unit analisis yaitu individu. Dengan model analisis data interaktif (Miles dan Huberman). Siswa pindah jurusan karena ada dua faktor yaitu faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa tersebut yaitu: 1. Faktor Cita-cita yang berhubungan dengan jurusan IPA dan bukan jurusan IPS 2. Minat siswa yang tidak sesuai dengan jurusan IPS, 3. Bakat yang dimiliki siswa di jurusan IPA. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri siswa seperti 1. Faktor Orang tua berkeinginan untuk anaknya kuliah di jurusan IPA khususnya kedokteran , 2. Suasana kelas tidak kondusif yang membuat siswa pindah jurusan, 3. Melanjutkan ke perguruang tinggi yang sesuai dengan jurusan IPA yaitu jurusan biologi di Universitas Negeri Padang. Kata Kunci : Faktor, Jurusan, Siswa,