Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing Disertai Kuis Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP N 27 Padang

Main Author: Fandi, Erdika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5456/4/11050242%20FANDI%20ERDIKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5456/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5456/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5456/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5456/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep siswa yang masih rendah dan kerjasama siswa dalam berdiskusi dalam kelompok masih kurang Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah pemahaman konsep siswa yang menggunakan strategi kooperatif Teknik Kancing Gemerincing Disertai Kuis lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 27 Padang Tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, dengan kelas VIII 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian kuis dan tes akhir berbentuk esai dimana tes akhir yang reliable dengan r11= 0,84. Teknik analisis data tes akhir menggunakan uji t satu pihak. Berdasarkan analisis kuis diketahui bahwa rata-rata kuis mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya, dan berdasarkan analisis tes akhir diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh thitung = 3,13 lebih besar dari ttabel= 1,645. Dengan demikian, hipotesis diterima yaitu pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi kooperatif tipe Kancing Gemerincing Disertai Kuis lebih baik dari pada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP N 27 Padang.