Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization (TAI) dengan Menggunakan Media Kartu terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Ayu, Wulandari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5451/4/11050296%20AYU%20WULANDARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5451/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5451/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5451/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5451/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah dan kerjasama antara siswa masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization (TAI) dengan menggunakan media kartu lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII kecuali kelas VIII1 MTsN Lubuk Buaya Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII7 dan sebagai kelas kontrol adalah kelas VIII5. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dan bentuk tes yang digunakan adalah tes esai dengan reliabilitasnya 0,88. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Hasil analisis data diketahui bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen pada taraf nyata 0,05. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung= 2,72 dan ttabel = 1,60 karena 2,72 > 1,60 atau thitung > ttabel maka hipotesis pada penelitian ini diterima. Kesimpulan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization (TAI) dengan menggunakan media kartu lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang Tahun Pelajaran 2015/2016.