Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kepala Bernomor Terstruktur terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Padang

Main Author: Suci, Rahmayani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5450/4/11050307%20SUCI%20RAHMAYANI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5450/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5450/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5450/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5450/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang kurang bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah. Mengatasi masalah tersebut digunakan model pembelajaran kooperatif teknik kepala bernomor terstruktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik kepala bernomor terstruktur lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 18 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Random terhadap Subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 18 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari sembilan kelas kecuali kelas VIII.1 dan VIII.2 yang merupakan kelas unggul. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII5 dan sebagai kelas kontrol adalah kelas VIII4. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dan bentuk tes yang digunakan adalah essay dengan reliabilitasnya yaitu rhitung= 0,344 dan r11= 0,84 maka soal dinyatakan reliabel. Teknik analisis data menggunakan uji-t satu pihak. Hasil uji hipotesis yang diperoleh pada a = 0,05 yaitu thitung= 3,86 dan ttabel= 1,671, maka hipotesis yang diajukan diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik kepala bernomor terstruktur lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 18 Padang.