Pengaruh Penerapan Pembelajaran Aktif Tipe Turnamen Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 14 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Neneng, Sumarni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5449/4/11050321%20NENENG%20SUMARNI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5449/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5449/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5449/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5449/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah dan siswa kurang bertanggung jawab terhadap tugas kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran aktif tipe turnamen belajar lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas X SMAN 14 Padang. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen, dengan rancangan penelitian Random Terhadap Subjek. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMAN 14 Padang tahun pelajaran 2015/2016, yang terdiri dari sembilan kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas X.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes, bentuk tes yang digunakan adalah bentuk uraian dengan reliabilitas tes 0,85 dan r tabel = 0,374. Berarti soal tes dinyatakan reliabel karena r11 > r tabel . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai ttabel = 0,67 dan thitung = 5,95 Hipotesis diterima karena thitung > ttabel sehingga hipotesis yang diajukan diterima pada taraf nyata a = 0,05 Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran aktif tipe turnamen belajar lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa menggunakan pembelajaran konvensional di kelas X SMAN 14 Padang.