Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Questions Students Have disertai Kuis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMAN 9 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Guswiati, Guswiati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5443/4/11050202%20GUSWIATI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5443/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5443/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5443/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5443/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah dan cenderung pasif dan kurang berpartisipasi atau malu untuk mengajukan pertanyaan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan strategi belajar aktif tipe Questions Students Have disertai kuis lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui apakah perkembangan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan strategi belajar aktif tipe Questions Students Have disertai kuis lebih baik dari pada perkembangan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPS SMAN 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen, dengan rancangan penelitian Random Terhadap Subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 9 Padang, yang terdiri dari tiga kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes dan kuis. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk uraian dengan reliabilitas tes r 11= 0,51. Teknik analisis data menggunakan uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis pada α=0,05 diperoleh thitung= 3,97 dan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel , maka hipotesis penelitian diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan strategi belajar aktif tipe Questions Students Have disertai kuis dalam pembelajaran matematika lebih baik dari pada daripada hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas XI IPS SMAN 9 Padang, dan perkembangan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi belajar aktif tipe Questions Students Have disertai kuis dalam pembelajaran matematika mengalami peningkatan dan penurunan (fluktuasi) karena materi pelajaran yang berbeda setiap pertemuan.