Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power of Two and Four Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS SMAN 6 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Nike, Trisna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5442/4/11050195%20NIKE%20TRISNA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5442/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5442/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5442/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5442/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang rendah, siswa tidak mau bertanya kepada guru terhadap materi yang tidak dipahami, siswa lebih suka menunggu dan menyalin jawaban dari teman dan siswa belum terbiasa aktif secara individu dan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe The Power of Two and Four lebih baik dari pada hasil belajar matematika yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitan adalah penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMAN 6 Padang yang terdiri dari 4 kelas Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas XI IPS1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yaitu tes hasil belajar matematika siswa. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk uraian dengan reliabilitas tes 0,88. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis tes akhir diketahui bahwa kelas sampel berdistribusi normal dan mempunyai variansi yang homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh thitug = 3,55 lebih besar dari ttabel = 1,65, maka hipotesis penelitian diterima pada taraf nyata a = 0,05. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe The Power of Two and Four lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional di kelas XI IPS SMAN 6 Padang.