Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Hollywood Squares terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Jasa Boga SMKN 9 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Yesi, Marlina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5441/4/11050170%20YESI%20MARLINA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5441/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5441/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5441/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5441/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah dan siswa tidak mau mengemukakan pendapat serta menganggap matematika itu pelajaran yang sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares lebih baik daripada hasil belajar matematika yang menerapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik di kelas X Jasa Boga SMKN 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen, dengan rancangan penelitian Random Terhadap Subjek. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 9 Padang, yang terdiri dari delapan kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas XJB.8 sebagai kelas eksperimen dan kelas XJB.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk essai dengan reliabilitas tes (r11 ) = 0,78. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada a = 0,05 diperoleh nilai t tabel= 1,68 dan t hitung= 4,08. Hipotesis diterima karena t hitung > t tabel. Kesimpulan penelitian adalah hasil belajar dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares lebih baik daripada hasil belajar matematika yang menerapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik di kelas X Jasa Boga SMKN 9 Padang.