Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Snowball Drilling Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Kartika I-7 Padang
Main Author: | Rani, Hayatil |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5438/4/11050159%20RANI%20HAYATIL.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5438/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5438/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5438/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5438/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, dan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Mengatasi masalah tersebut digunakan model pembelajaran kooperatif dengan metode Snowball Drilling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan metode Snowball Drilling lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada sisiwa kelas VIII SMP Kartika 1-7 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan Rancangan penelitian yang digunakan adalah Random Terhadap Subjek, sampel di ambil setelah dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Kartika 1-7 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari tujuh kelas. Terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII7 dan kelas kontrol adalah kelas VIII6. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir berbentuk essay dengan reliabilitasnya 0,878.Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji t. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2,41 dan ttabel=1,675, dengan α=0,05, karena thitung > ttabel (2,41 > 1,675) maka hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan metode snowball drilling lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Kartika I-7 Padang.