Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Realistik Pada Materi Segi Empat Di Kelas VII MTsN Kuranji Kota Padang
Main Author: | Afrilinita, Afrilinita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5436/4/11050128%20AFRILINITA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5436/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5436/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5436/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5436/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilandasi oleh penggunaan bahan ajar yang kurang efisien dan guru menjelaskan menggunakan powerpoint yang belum memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkonstruksikan pemahamannya sehingga hasil belajar siswa rendah pada materi segi empat. Selain itu, siswa juga belum dituntun untuk menemukan sendiri suatu konsep dan mengaitkannya dalam kehidupan sehari-hari. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengembangkan bahan ajar berupa LKS berbasis realistik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis realistik pada materi Segi Empat yang valid di kelas VII MTsN Kuranji Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan rancangan Plomp yang terdiri atas tahap preliminary research dan prototyping phase. Metode evaluasi yang digunakan mengacu kepada rancangan evaluasi formatif yang terdiri atas evaluasi diri dan tinjauan ahli. Data hasil wawancara dikumpulkan melalui kegiatan wawancara dengan guru dan siswa dan dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Sedangkan data validitas dikumpulkan melalui kegiatan validasi LKS oleh para ahli dan dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan produk berupa LKS berbasis realistik pada materi segi empat dalam pembelajaran matematika. LKS ini dinyatakan sangat valid dengan nilai validitas 84,91 % oleh validator baik dari segi aspek kelayakan isi, penyajian, kebahasaan dan kegrafikaan. Artinya, dari segi kelayakan isi materi pada LKS sudah sesuai dengan materi yang harus dipelajari. Dari segi penyajian, materi yang disajikan sudah mengarah kepada kompetensi yang ingin dicapai. Dari segi kebahasaan, bahasa yang digunakan mudah dipahami sesuai dengan tingkat pemahaman siswa. Dari segi kegrafikaan, tampilan LKS telah didesain semenarik mungkin.