Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru dan kemampuan siswa untuk memahami konsep masih kurang sehingga siswa lebih cenderung menghafal materi serta kurangnya perangkat pembelajaran yang mendukung proses belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dikembangkan bahan ajar berupa LKS dengan pendekatan kontekstual (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kegiatan siswa (LKS) dengan pendekatan kontekstual (CTL) pada materi logika matematika yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp. Pada penelitian ini hanya dilakukan tahap preliminary research dan prototyping phase.Tahap preliminary research terdiri dari wawancara kepada siswa dan guru, analisis silabus, dan analisis buku teks. Tahap prototyping phase yaitu merancang sistematika dan struktur LKS, pengembangan prototipe, dan tinjauan ahli. Pada tinjauan ahli dilakukan validasi LKS oleh 4 orang validator dengan mengisi angket validitas. Hasil uji validitas LKS dengan Pendekatan Kontekstual (CTL) oleh validator menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan pada kategori valid dengan nilai akhir keseluruhan 75,68%. Penyajian materi pada LKS yang dikembangkan telah sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai dan sesuai dengan pendekatan kontekstual (CTL) serta LKS telah disajikan dengan urutan yang sesuai. Hasil validasi juga menunjukkan bahwa bahasa pada LKS mudah dipahami siswa. Desain cover dan isi pada LKS sudah menarik sehingga dapat membuat siswa tertarik untuk mempelajari LKS yang telah dikembangkan.