Pengaruh Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) Disertai Kuis terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Kartika I-7 Padang
Main Author: | Ira Fatmi, Musdalifah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5428/4/11050086%20IRA%20FATMI%20MUSDALIFAH.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5428/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5428/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5428/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5428/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah. Hal ini terlihat pada hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Kartika I-7 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana perkembangan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer disertai kuis dan mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer disertai kuis lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Kartika I-7 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Kartika I-7 Padang. Sampel penelitian adalah kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuis dan tes pemahaman konsep matematis. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk essai dengan reliabilitas tes adalah r11 = 0,74. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis kuis setelah diberi perlakuan diperoleh rata-rata kuis dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat adalah 56,11, 87,53, 94,50, dan 84,75. Perbedaan rata-rata hasil kuis setiap pertemuan disebabkan oleh tingkat kesukaran materi yang berbeda setiap pertemuan. Hasil analisis tes akhir diperoleh rata-rata dan simpangan baku kelas eksperimen adalah 67,89 dan 15,47, sedangkan kelas kontrol adalah 61,19 dan 11,92. Rata-rata dan simpangan baku kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 1,75 dan ttabel = 1,67, karena thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer disertai kuis lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional dikelas VIII SMP Kartika I-7 Padang.