Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Bowling Kampus terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 21 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Kiki, Ariani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5422/4/11050044%20KIKI%20ARIANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5422/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5422/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5422/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5422/ |
Daftar Isi:
- Penelitian dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 21 Padang banyak di bawah KKM. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan menggunakan tipe Bowling Kampus lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMPN 21 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMPN 21 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk esai dengan lima butir soal dengan reliabilitas tes r11 = 0,86 dan rtabel = 0,361 artinya tes reliabel. Berdasarkan analisis yang didapatkan nilai rata-rata tes akhir hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 76,2 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 65,5. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t satu arah yang diterima pada tingkat kepercayaan 95% diperoleh thitung = 2,23 lebih besar dari ttabel = 1,671, maka hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Aktif tipe Bowling Kampus lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional kelas VIII SMPN 21 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016.