Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question (LSQ) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 4 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Wike, Anggraini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5420/4/11050030%20WIKE%20ANGGRAINI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5420/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5420/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5420/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5420/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan Strategi Pembelajaran aktif tipe Learning Starts With A Question (LSQ) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 4 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian adalah eksperimen, dengan rancangan penelitian Random Terhadap Subjek. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 4 Koto XI Tarusan Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk esai. Tes diuji cobakan di SMPN 1 Koto XI Tarusan. Teknik analisis data yang digunakan untuk tes akhir yaitu uji t satu pihak. Berdasarkan hasil dari uji hipotesis diperoleh bahwa hasil belajar matematika siswa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe LSQ lebih baikdari pada hasil belajar matematika dengan menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIIISMPN 4 Koto XI Tarusan.