Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan menemukan konsep matematika siswa masih kurang, sedangkan bahan ajar yang digunakan belum memfasilitasi siswa untuk berlatih menemukan konsep secara mandiri. Maka dikembangkanlah bahan ajar berupa LKS matematika berbasis penemuan terbimbing pada materi trigonometri. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar berupa LKS berbasis penemuan terbimbing yang valid dan praktis pada materi trigonometri untuk siswa kelas X. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang terbagi dalam 4 tahap yaitu tahap pendefenisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop) dan tahap penyebaran (Desiminate). Pada penelitian ini tahap penelitian terbatas sampai tahap develop yaitu tahap validitas dan praktikalitas. Instrumen penelitian adalah (1) lembar validasi, (2) angket praktikalitas, (3) pedoman wawancara. Hasil uji validitas LKS oleh validator menunjukkan LKS ini pada kriteria sangat valid yaitu 82,89%. Hasil uji coba praktikalitas oleh guru dan enam siswa menunjukkan LKS berbasis penemuan terbimbing pada kategori sangat praktis yaitu 81,25% dan 86,71%. Berdasarkan hasil wawancara menurut guru dan siswa dapat disimpulkan bahwa waktu yang tersedia cukup untuk mempelajari dan memahami LKS, materi lebih mudah dipahami siswa dan siswa lebih aktif dalam belajar serta LKS bisa dijadikan bahan ajar mandiri dan catatan pelajaran oleh siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis penemuan terbimbing pada materi trigonometri sangat valid dan sangat praktis.