Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTsN Talaok Bayang Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Yendri, Wulandari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5417/4/11050016%20YENDRI%20WULANDARI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5417/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5417/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5417/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5417/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang mengeluarkan pendapat pada setiap pertemuan hanya siswa yang sama/dominan. Siswa yang kurang memahami pelajaran hanya mengandalkan siswa yang dominan saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran teknik kancing gemerincing lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional pada kelas VIII MTsN Talaok Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Random Terhadap Subjek. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII MTsN Talaok Bayang Kabupaten Pesisir Selatan tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dipilih secara acak, terpilih kelas eksperimen adalah kelas VIII.2 dan terpilih kelas kontrol adalah kelas VIII.5. Bentuk tes yang digunakan adalah tes uraian dengan reliabilitas tes adalah 0,99. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak dengan bantuan Software Minitab. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen pada taraf kepercayaan α = 0,05 dan dari hasil uji hipotesis di peroleh P-value sama dengan 0,001 artinya lebih kecil dari α = 0,05, maka hipotesis pada penelitian ini diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan teknik kancing gemerincing lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII MTsN Talaok Bayang Kabupaten Pesisir Selatan.