Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih banyaknya materi yang belum dipahami siswa, salah satunya adalah Matriks. Buku sumber yang digunakan selama ini pada proses belajar mengajar belum sepenuhnya membantu siswa untuk memahami suatu konsep. Siswa kurang tertarik membaca buku teks dan tidak berfikir kritis dalam belajar. Untuk mengembangkan pengetahuan siswa dibutuhkan bahan ajar pendamping buku teks berupa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan metode penemuan terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis penemuan terbimbing untuk materi matriks siswa kelas X SMKN 4 Padang yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan Model 4-D. Model 4-D terdiri dari tahap Define, Design, Development, dan Desseminate. Pada penelitian ini hanya sampai 3 tahap, yaitu tahap Define, Design dan Development. Tahap define terdiri dari analisis silabus, analisis buku teks, mereview literatur, analisis karakteristik siswa serta wawancara guru dan siswa. Tahap Design yaitu perancangan LKS. Tahap development yaitu mengembangkan LKS dan dilakukan uji validitas dan uji praktikalitas, instrumen yang digunakan untuk validitas yaitu lembar validasi sedangkan instrumen yang digunakan untuk praktikalitas yaitu lembar praktikalitas. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil validitas LKS berbasis penemuan terbimbing menghasilkan kriteria sangat valid dengan persentase 80,37%. Uji praktikalitas oleh guru menghasilkan kriteria sangat praktis dengan persentase 90,12% dan uji praktikalitas oleh siswa menghasilkan kriteria sangat praktis dengan persentase 82,54%. Berdasarkan criteria tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis penemuan terbimbing untuk materi matriks sudah sangat valid dan sangat praktis.