Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing untuk Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Kelas X SMKN 6 Padang

Main Author: Untung, Padri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5410/4/10050280%20UNTUNG%20PADRI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5410/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5410/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5410/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5410/
Daftar Isi:
  • Hasil observasi di SMKN 6 Padang ditemukan siswa kurang dapat memahami materi persamaan dan pertidaksamaan melalui buku teks yang digunakan dalam proses pembelajaran. Menyebabkan siswa cenderung menghapal rumus dan kemampuan berfikir kreatif, kritis dan belajar mandiri siswa kurang terasah. Karena itu dibutuhkan bahan ajar pendamping berupa lembar kegiatan siswa (LKS) dengan metode penemuan terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS dengan pendekatan penemuan terbimbing untuk materi persamaan dan pertidaksamaan siswa kelas X SMKN 6 Padang yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah pengembangan menggunakan Model 4-D. Model 4-D terdiri dari tahap Define, Design, Development, dan Desseminate. Pada penelitian ini hanya menggunakan 3 tahap, yaitu tahap Define, Design dan Development. Hasil tahap define yaitu dilakukannya analisis silabus, analisis buku teks, mereview literatur, analisis karakteristik siswa serta wawancara guru dan siswa. Hasil tahap design yaitu dirancangnya sebuah LKS dengan pendekatan penemuan terbimbing. Hasil tahap development yaitu mengembangkan LKS dan dilakukan uji validitas dan uji praktikalitas, instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar praktikalitas, pedoman wawancara guru dan siswa. Validitas LKS pada kriteria sangat valid dengan persentase 86,53%. Uji praktikalitas oleh guru pada kriteria sangat praktis dengan persentase 81,6% dan uji praktikalitas oleh siswa pada kriteria sangat praktis dengan persentase 85,7%. Dapat disimpulkan bahwa LKS dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing untuk Materi Persamaan dan Pertidaksamaan sudah sangat valid dan sangat praktis.