Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Guided Note Taking Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 2 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman
Main Author: | Emilia, Safni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5409/4/10050208%20EMILIA%20SAFNI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5409/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5409/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5409/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5409/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 2 Sungai Limau masih rendah dan siswa malas dalam membuat catatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Guided Note Taking lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional dikelas VIII SMPN 2 Sungai Limau. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilaksanakan secara acak, kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen, kelas VIII4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir dengan indikator kemampuan pemahaman konsep. Bentuk tes yang digunakan adalah soal essai dengan reliabelitas adalah r11= 0,737. Hasil analisis data pemahaman konsep terlihat bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa meningkat. Setelah dilakukan tes essai diperoleh kelas sampel berdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2,64, ttabel= 1,67 artinya thitung > ttabel tolak dan terima , sehingga dapat disimpulkan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe guided note taking lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 2 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman.