Pengaruh Penerapan Teknik Quick On The Draw Terhadap Pemahaman konsep Matematika Siswa Kelas XI SMKN 1 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Lara Yulia, Sastri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5408/4/10050206%20LARA%20YULIA%20SASTRI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5408/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5408/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5408/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5408/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan Teknik Quick on The Draw lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMKN 1 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI yang terdaftar pada semester I tahun pelajaran 2015/2016 SMKN I Koto XI Tarusan. Sampel penelitian diambil secara acak, kelas yang terpilih adalah kelas XI TKR sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TAV 1 kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir dengan indikator kemampuan pemahaman konsep. Bentuk tes yang digunakan adalah esai dengan reliabilitas 0,901. Berdasarkan analisis data diperoleh kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Statistik uji yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis diperoleh t hitung = 2,489 dan t tabel = 1,676 dengan a = 0,05, karena t hitung > t tabel maka hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan teknik Quick on The Draw lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional kelas XI SMKN 1 Koto XI Tarusan.