Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Formulate-Share-Listen-Create (FSLC) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMPN 13 Mukomuko
Main Author: | Gusti, Fitriani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5406/3/10050192%20GUSTI%20FITRIANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5406/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5406/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5406/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5406/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Salah satu usaha yang dilakukan adalah menerapkan model kooperatif tipe Formulate-Share-Listen-Create (FSLC) dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah pemahaman Konsep Matematis siswa menggunakan model kooperatif tipe Formulate-Share-Listen- Create (FSLC) lebih baik dari pada pembelajaran konvensional siswa kelas VII SMPN 13 Mukomuko. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMPN 13 Mukomuko tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dipilih secara acak, terpilih kelas eksperimen adalah kelas VII.B dan terpilih sebagai kelas kontrol adalah kelas VII.C. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir dalam bentuk esai dengan reliabilitas tes adalah r11 = 0,8675 sedangkan ttabel= 0,444 Berdasarkan kriteria maka tes akhir siswa dinyatakan reliabel karena > . Berdasarkan analisis didapatkan nilai rata-rata tes akhir pemahaman konsep pada kelas eksperimen adalah 67,44 sedangkan nilai rata-rata kelas control adalah 50,62. Pengujian hipotesis digunakan uji-t satu pihak diperoleh thitung = 3,57 dan ttabel = 1,67252, karena thitung > ttabel maka hipotesis pada penelitian diterima dan disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa menggunakan Model Kooperatif Tipe Formulate-Share-Listen-Create (FSLC) lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas VII SMPN 13 Mukomuko.