Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sungai Limau

Main Author: April, Liani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5405/4/10050177%20APRIL%20LIANI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5405/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5405/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5405/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5405/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam mengerjakan soal latihan dan pemahaman konsep matematis serta hasil belajar siswa yang masih rendah, terlihat pada nilai hasil ulangan harian I matematika siswa semester ganjil kelas VIII SMPN 1 Sungai Limau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 1 Sungai Limau. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi penelitian siswa kelas VIII SMPN 1 Sungai Limau yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel di ambil secara acak. Terpilih siswa kelas VIII4 kelas eksperimen dan VIII3 kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes akhir pemahaman konsep matematis berupa soal esai dengan reliabilitas tes 0,752. Teknik analisis data yang digunakan uji t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis data, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen. Hasil analisis data diperoleh thitung = 2,23 dan ttabel = 1,673 dengan α = 0,05. Jadi thitung > ttabel , maka tolak H0 dan terima H1, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted individulization (TAI) lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa menggunakan pembelajaran konvensioanal siswa kelas VIII SMPN 1 Sungai Limau.