Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square disertai Kuis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siawa Kelas VIII SMPN 2 Sutera Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Ice Lusiana, Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5404/3/10050146%20ICE%20LUSIANA%20PUTRI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5404/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5404/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5404/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5404/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pembelajaran masih terpusat pada guru atau pembelajaran yang terjadi cenderung satu arah dan hasil belajar matematika siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah perkembangan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square disertai Kuis di SMPN 2 Sutera Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2015/ 2016 dan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square disertai Kuis lebih baik dari hasil belajar matematika siswa menggunakan pembelajaran konvensionalpada siswa kelas VIII SMPN 2 Sutera Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016 Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Sutera Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari empat kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas sampel adalah VIIIC sebagai kelas eksperimen dan VIIIB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir berbentuk esai yang reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Pengujian hipotesis menggunkan uji-t satu pihak, diperoleh thitung = 3,21dan ttabel = 1,67. Karena thitung> ttabel maka hipotesis penelitian ini diterima. Jadi, dapat disimpulkan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square disertai Kuislebih baik dari pada hasil belajar matematika siswayang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 2 Sutera Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016.