Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 6 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Pahruddin, Yunus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5403/4/10050137%20PAHRUDDIN%20YUNUS.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5403/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5403/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5403/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5403/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional di kelas IX SMP Muhammadiyah 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 6 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari enam kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas sampel adalah IX4 sebagai kelas eksperimen dan IX1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir berbentuk esai yang reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t satu pihak, diperoleh thitung = 3,3 dan ttabel = 1,68. Karena thitung > ttabel maka hipotesis penelitian ini diterima. Jadi, dapat disimpulkan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 6 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016.