Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran kreatif-Produktif Disertai Kuis Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya
Main Author: | Yesi, Susilawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5402/3/10050025%20YESI%20SUSILAWATI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5402/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5402/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5402/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5402/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika siswa kelas XII IPS SMAN 1 Pulau Punjung Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan pemahaman konsep matematis siswa setelah menerapkan strategi kreatif-produktif disertai kuis dan apakah pemahaman konsep matematis siswa menggunakan strategi Kreatif-Produktif disertai kuis lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa menggunakan pembelajaran konvensional di kelas XII IPS SMAN 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek, diperoleh r11 =0,873 besar dari rt =0,468, maka soal tes reliabel. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII SMAN 1 Pulau Punjung. Sampel penelitian adalah kelas XII IPS1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XII IPS2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuis dan tes akhir pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil analisis kuis setelah diberi perlakuan diperoleh rata-rata kuis mengalami peningkatan sehingga terlihat perkembangan pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan strategi kreatif produktif disertai kuis. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-t satu pihak diperoleh thitung = 1,99 dan ttabel =1,684, karena thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pekembangan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan strategi kraetif-produktif disertai kuis berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas XII IPS SMAN 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya.