Pengaruh Penerapan strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX SMPN 1 Hiliran Gumanti Kabupaten Solok

Main Author: Wildanita, Wildanita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/540/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/540/2/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/540/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/540/4/13050005%20WILDANITA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/540/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Siswa kurang terlibat aktif dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan guru dan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas IX SMPN 1 Hiliran Gumanti. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Hiliran Gumanti Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak terpilih kelas IX.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir. Bentuk tes akhir yang digunakan adalah esai dengan reliabilitas tes adalah r11 = 0,89. Berdasarkan analisis hasil tes akhir diketahui kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen maka statistik uji yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 1,83 dan ttabeS = 1,689. Karena thitung > ttabeS maka hipotesis penelitian diterima pada taraf nyata α = 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe giving question and getting answer (GQGA) lebih baik dari pada pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran konvensional.