Pengembangan Bahan Ajar Berbasis EModul Sejarah Untuk Meningkatkan Proses Belajar Siswa Di Kelas XI Mipa 4 SMA N 3 Padang
Main Author: | Della, Fuji Astuti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5382/2/DELLA%20FUJI%20ASTUTI%2014020044%20SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5382/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5382/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5382/4/DAFTAR%20PUSTAKA%201.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5382/ |
Daftar Isi:
- Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi sumber belajar siswa dalam belajar sejarah yang dipengaruhi oleh keterbatasan bahan ajar. Hal terebut disebabkan karena guru belum pernah menggunakan modul pembelajaran sehingga guru hanya menggunakan buku teks sebagai sumber pembelajaran yang mengurangi minat belajar siswa. Untuk itu, guru perlu menggunakan buku sumber lainnya sebagai penunjang proses pembelajaran. Rumusan penelitian ini adalah bagaimana pengembangan bahan ajar berbasis e-modul sejarah untuk meningkatkan proses pembelajaran siswa kelas XI di SMA N 3 Padang. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengembangkan bahan ajar berbasis e-modul sejarah untuk meningkatkan proses pembelajaran siswa kelas XI di SMA N 3 Padang Metode Penelitian ini adalah penelitian R&D (Research and Development)dengan menggunakan model pengembangan 4-D Models yang terdiri dari 4 tahap, yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan (develop). Tahap define terdiri dari analisis siswa, analisis konsep, dan analisis tujuan. Pada tahap design dilakukan perancangan modul pembelajaran Sejarah berbasis E-modul, kemudian pada tahap develop dilakukan uji validitas yang terdiri dari 2 orang dosen dan 2 orang guru Sejarah SMA Negeri 3 Padang. Uji praktikalitas oleh 33 orang siswa kelas XI Mipa 4 SMA Negeri 3 Padang. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis data persentase dan diolah dengan Microsoft exel. Hasil dari penelitian ini, yaitu sebagai berikut. Petama, uji validitas dengan kategori valid, yaitu hasil rata-rata validitas ahli media dan materi 87,6% ditinjau dari dari segi kemudahan penggunaan, kemenarikan tampilan, dan aspek bahasa dan keterbacaan. Kedua, uji praktikalitas praktis dengan kategori sangat praktis, yaitu dari hasil rata-rata uji praktikalitas 86,1% ditinjau dari segi minat siswa, proses penggunaan, peningkatan keaktifan siswa, dan waktu yang cukup tersedia. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan pengembangan bahan ajar berbasis E-Modul pada pembelajaran Sejarah yang dihasilkan sudah valid, praktis dan layak untuk digunakan sebagai salah satu sumber belajar siswa kelas XI di SMA N 3 Padang