Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Disertai Handout Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA N I Dua Koto Kabupatan Pasaman
Main Author: | Reni Dia, Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5379/3/11010263%20RENI%20DIA%20SARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5379/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5379/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5379/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5379/ |
Daftar Isi:
- Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah guru jarang menggunakan model pembelajaran kooperatif sehingga, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu dalam pembelajaran, guru kebanyakan menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab serta kurangnya perangkat pembelajaran berupa bahan ajar sehingga hal ini yang mengakibatkan kurangnya interaksi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Agar semua siswa berhasil dalam pembelajaran maka dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat membantu semua siswa untuk dapat bekerja sama dan berbagi pengetahuan dengan sesamanya. Model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray disertai Handout pada materi sistem peredaran darah pada mata pelajaran Biologi untuk SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray disertai Handout terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA N I Dua Koto Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA N I Dua Koto Kabupaten Pasaman yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas XI IPA.2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA.3 sebagai kelas Kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk soal objektif. Untuk penilaian afektif dan psikomotor berupa lembaran pengamatan. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf 0,05. Berdasarkan hasil analisis data penilaian kognitif didapat rata-rata nilai tes akhir siswa kelas eksperimen 2,97 dengan predikat B dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 2,68 dengan predikat B-. Nilai rata-rata pada ranah afektif untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata nilai modus 3 dengan predikat B, dan kelas kontrol diperoleh nilai modus 2,82 dengan predikat C. Nilai rata-rata pada ranah psikomotor yang dijadikan sebagai penilaian adalah membuat laporan hasil diskusi masing-masing siswa pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata capaian optimum 3,16 dengan predikat B dan kelas kontrol capaian optimumnya 3,22 dengan predikat B+. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray disertai handout pada ranah kognitif dan afektif berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA N I Dua Koto Kabupaten Pasaman. Sedangkan pada ranah psikomotor kelas kontrol lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen.