Penerapan Strategi Pembelajarn Aktif Tipe Giving Question And Getting Answer (GQGA) Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Koto XI Tarusan
Main Author: | Anting Komala, Sugeni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5377/3/11010275%20ANTING%20KOMALA%20SUGENI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5377/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5377/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5377/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5377/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa di kelas X SMAN 1 Koto XI Tarusan. Dalam proses pembelajaran siswa merasa bosan dan sibuk dengan aktivitas mereka masing-masing, siswa malas bertanya dan cenderung pasif dalam proses pembelajaran, dan siswa tidak mau mengeluarkan pendapatnya dalam proses pembelajaran. Salah satu cara yang dapat diterapkan guru untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan strategi pembelajarn aktif tipe Giving Question And Getting Answer (GQGA) disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Koto XI Tarusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Aktif Tipe Giving Question And Getting Answer (GQGA) terhadap hasil belajar biologi siswa di kelas X SMAN 1 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Koto XI Tarusan yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen I dan X3 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk soal objektif. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh dari ranah kognitif pada kelas eksperimen I 81,78 dan pada kelas eksperimen II 66,57 dengan harga thitung 5,68 sedangkan ttabel 1,67. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel dengan demikian hipotesis diterima. Berdasarkan hasil analisis, penilaian ranah afektif pada kelas eksperimen I dengan predikat B (3,03) sedangkan pada kelas eksperimen II berada pada predikat C (1,89). Penilaian ranah kognitif kelas eksperimen I dengan predikat B+ ( 3,27) dan pada kelas eksperimen Il berpredikat B- (2,66). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Aktif Tipe Giving Question And Getting Answer (GQGA) Disertai Media Gambar terhadap hasil belajar biologi siswa di kelas X SMAN 1 Koto XI Tarusan berpengaruh baik terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN I Koto XI Tarusan Tahun Pelajaran 2015/2016.