Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas VIII SMP N 26 Padang

Main Author: Weni, Weni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5374/3/11010288%20WENI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5374/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5374/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5374/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5374/
Daftar Isi:
  • Rendahnya hasil belajar Biologi siswa SMPN 26 Padang, yaitu nilai rata-rata ulangan harian biologi siswa pada materi Sistem Pernapasan pada Manusia di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yang telah diterapkan sekolah tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut, guru harus mempunyai kreatifitas untuk memilih suatu model pembelajaran yang dapat membantu semua siswa untuk bekerjasama dan berbagai pengetahuan dengan sesamanya. Model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada materi sistem pernapasan pada manusia pada mata pelajaran biologi untuk SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar biologi kelas VIII SMP N 26 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi siswa kelas VIII SMPN 26 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016, menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Pada kelas eksperimen I diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS), sedangkan pada kelas eksperimen II menggunakan pembelajaran ceramah. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Posttes Only Design. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian ranah afektif pada kelas eksperimen I diperoleh nilai rata-rata dengan modus 2,96 dengan predikat C dan kelas eksperimen II diperoleh nilai rata-rata dengan modus 2,84 dengan predikat C. Penilaian ranah kognitif pada kelas eksperimen I diperoleh nilai rata-rata 79,88 dan kelas eksperimen II diperoleh nilai rata-rata 70,99. Penilaian ranah psikomotor pada kelas eksperimen I diperoleh nilai rata-rata capaian obtimum 3,27 dengan predikat B dan kelas eksperimen II diperoleh nilai rata-rata capaian obtimum 3,20 dengan predikat B. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada materi sistem pernapasan pada manusia kelas VIII SMP N 26 Padang.