Pengaruh Model Pembelajarn Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VII di SMPN 1 Sungai Beremas
Main Author: | Refsi, Insani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5369/1/%2814020037%29REFSI%20INSANI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5369/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5369/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5369/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5369/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu fenomena bahwa pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) menjadi pelajaran yang membosankan bagi siswa karena didalam kelas, proses belajar mengajar guru masih menggunakan metode ceramah. Padahal dalam kurikulum 2013 guru dituntut untuk memakai model-model pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VII di SMPN 1 Sungai Beremas. Dengan tujuannya agar peserta didik aktif dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu guru diminta untuk memakai model pembelajaran yang bervariasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan True Experimental Design, dengan rancangan penelitian menggunakan eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pegambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel probability sampling. Cara menentukan jumlah sampel pada penelitian ini dengan cara melihat perbandingan nilai ulangan harian IPS siswa kelas VII yang tidak jauh perbedaan nilai yang dibawah KKM. Dari nilai tersebut penulis mengambil kelas VII.3 sebagai kelas kontrol dan VII.5 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian yang didapat dari uji hipotesis (uji t) adalah pada kelas eksperimen nilai rata-rata 10,26 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 9,43, standar deviasi kelas eksperimen 3,039 dan kelas kontrol 2,787. Jadi rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata kelas kontrol. Berdasarkan uji hipotesis (uji t) diperoleh dengan nilai thitung = 1,94 dan ttabel 1,67, dengan kategori thitung>ttabel. Dari hasil penelitian dan pembahasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Sungai Beremas. Karena model pembelajaran ini dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran proyek (Project Based Learning) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan materi kehidupan masyarakat pada masa Hindu-Budha