Efektifitas Penggunaan Media Film Dokumenter Pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS Di SMAN 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Pani, Yuni Alvadina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5368/4/14020035%20-%20PANI%20YUNI%20ALVADINA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5368/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5368/2/BAB%20V%20penutup.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5368/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5368/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik kurang tertarik dengan materi yang disampaikan oleh guru, sehingga peserta didik terlihat melakukan aktivitas lain selama pelajaran berlangsung seperti banyak peserta didik yang mengerjakan tugas pelajaran lain sewaktu pelajaran dan banyak siswa yang bercerita dengan temannya sewaktu guru menjelaskan materi disebabkan kurangnya media yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Atas dasar masalah tersebut penelitian ini difokuskan pada efektifitas penggunaan media film dokumenter pada pembelajaran sejarah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat efektifitas penggunaan media film dokumenter pada pembelajaran sejarah kelas XI IPS di SMAN 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media film dokumenter pada pembelajaran sejarah kelas XI IPS di SMAN 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPS yang terdiri empat kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sample yaitu kelas XI IPS 3. Teknik analisis data yang digunakan adalah verifikasi data, pengolahan data dengan persentase, interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase angket penelitian mengenai penggunaan media pembelajaran 73,48% termasuk kriteria efektif. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media film dokumenter pada pembelajaran sejarah kelas XI IPS di SMAN 2 Bayang efektif digunakan dalam proses pembelajaran