Hubungan Cara Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII Di SMP N 7 Solok Selatan tahun ajaran 2017/2018
Main Author: | Febrinawati, Febrinawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5367/2/PDF%20SKRIPSI%20FULL..pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5367/5/WORD%20ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5367/3/WORD%20BAB%20V%20PENUTUP.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5367/4/WORD%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/5367/ |
Daftar Isi:
- Kualitas pendidikan berkaitan dengan kualitas siswa karena titik pusat dalam proses belajar mengajar adalah siswa. Siswa diharapkan dapat menimba ilmu dan wawasan yang sebanyak-banyaknya dengan belajar. Belajar adalah suatu proses di mana di dalamnya terjadi suatu interaksi antara seorang siswa dengan lingkungannya yang mengakibatkan adanya perubahan tingkah laku yang akan memberikan suatu pengalaman, baik bersifat pengetahuan, sikap dan keterampilan. Cara untuk mengukur kemampuan, pengetahuan dan pemahaman siswa tentang suatu mata pelajaran di sekolah yaitu dengan melihat hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada hakikatnya adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil belajar dalam pengertian yang lebih luas mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah hasil belajar siswa yang kurang baik, dengan tujuan mendeskripsikan cara belajar dengan hasil belajar serta untuk mengetahui gubungan antara cara belajar dengan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Untuk menguji keabsahan data penulis menggunakan uji validitas, uji normalitas. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan teknik pemeriksaan keabsahan data yang didapat, dengan cara mengumpulkan data berdasarkan angket yang penulis sebarkan secara langsung di SMP N 7 Solok Selatan. Kemudian data tersebut dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah cara belajar siswa rendah pada bagian indikator 4 yaitu membuat ringkasan pelajaran, hasil belajar siswa tersebut bisa meningkat atau tinggi jika diawasi dengan baik, serta hasil belajar siswa tersebut dipengaruhi oleh indikator 1,3,5 dan 6 dimana siswa harus mengerjakan tugas, siswa harus membaca buku, siswa harus mengulangi pelajaran, serta siswa juga harus berkonsentrasi saat belajar. Ini berarti bahwa terdapat hubugan antara cara belajar dengan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP N 7 Solok Selatan. Hal tersebut dapat penulis buktikan dengan adanya uji korelasi product moment yang dilakukan. Uji tersebut menunjukan hasil r hitung adalah 0,428. Jika r hitung > 0,2681, ini berarti terdapat hubungan atau korelasi antara variabel dan begitu pula sebaliknya. Dan hasil tersebut menunjukan bahwa r hitung 0,428 > 0,2681 yang berarti terdapat hubungan antara cara belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP N 7 Solok Selatan.